Sejarah
Twitter
Sejarah Twitter
mulai dari didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone.
Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan
Odeo mantan karyawan. Sejarah Twitter diciptakan sebagai perusahaan yang
terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp Jack Dorsey adalah chief executive
officer dari kegugupan sampai Oktober 2008 ketika Williams menjadi CEO dan
Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi.
Sejak
pembentukannya pada tahun 2006, Twitter telah menjadi sangat populer di seluruh
dunia. Twitter adalah yang paling cepat berkembang mikroblogging gratis
software yang memungkinkan anda untuk tetap berhubungan dengan orang melalui
cepat, sering jawaban untuk satu pertanyaan: Apa yang kamu lakukan? Bahwa salah
satu pertanyaan kecil telah meluncurkan revolusi media.
"Tweet"
adalah istilah untuk maksimal 140 karakter pesan yang diposting di kegugupan.
Untuk tweeting untuk menjadi efektif, hal itu harus dilakukan secara
sistematis, dengan posting yang dibuat setiap hari. Untuk rata-rata pemilik
bisnis atau eksekutif pemasaran, hal ini dapat sangat tidak praktis karena
waktu yang diperlukan. Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk menyelesaikan
sesuatu lebih cepat.
Salah satu
teknologi seperti ini adalah suatu alat yang disebut BigTweet. BigTweet adalah
sebuah plugin untuk browser Web yang memungkinkan Anda mengirim suatu menciak
ke twitter dengan hanya mengklik tombol BigTweet, terletak di browser Anda link
menu. Penyorotan suatu bagian pada halaman Web dan mengklik tombol menciptakan
menciak dari teks yang disorot, di samping judul halaman dan URL pendek. Jika
Anda tidak menyorot kata-kata di halaman, maka teks menciak hanya akan berisi
judul halaman dan URL pendek.
Bisnis orang
sekarang mulai menyadari kekuatan twitter sebagai alat promosi secara online.
Rasanya aneh dan canggung pada awalnya, dan perlu beberapa waktu untuk
mendapatkan hasil baik. Jadi jangan memutar roda anda mencoba menebaknya.
Gunakan tool seperti BigTweet dan tweeet Kemudian untuk mendapatkan lebih
banyak dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.
Fitur – fitur Twitter
FOLLOW ME ! : @ahlanhadian ^.^v |
·
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama
kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman
kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
·
Profil
Pada halaman ini
yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta
kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
·
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah
pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain
menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut
akan masuk ke dalam halaman utama.
·
Mengikuti (Following)
Kebalikan dari
pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar
kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman
utama.
·
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini
merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai
orang yang akan diajak bicara.
·
Favorit
Kicauan ditandai
sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
·
Pesan Langsung
(Direct Message)
Fungsi pesan
langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara
pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali
pengguna yang dikirimi pesan.
·
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis
di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang
ditulis oleh orang lain juga
·
Senarai (List)
Pengguna twitter
dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga
memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username)
yang mereka ikuti (follow).
·
Topik Hangat
(Trending Topic)
Secara garis besar
adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu
yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang
ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta
unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar
lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi
populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu
peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu
tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa
yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari
kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena
fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan
pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World
Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI),
kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal
yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun,
Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal
sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers),
Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
Dampak Twitter
Dampak positif:
·
Menambah teman kita
·
Mendapatkan
informasi yang terbaru dan terkini, maksudnya kita akan mendapatkan sebuah
informasi yang terbaru dan terkini dari twitter, jadinya kita tidak ketinggalan
berita. contoh yang pernah dialami oleh saya. ketika presiden AS Barack Obama
ke UI, 5 jam sebelum kedatangan presiden as itu jalan margonda di sterilkan dari kendaraan, nah berita
disterilkan ini saya dapatkan dari twitter, sehingga saya bisa memutar jalan
menuju kampus supaya tidak melewati jalan margonda ini.
·
Bisa Memata-matai
aktivitas teman,idola kita. maksudnya kita dapat mengetahui apa yang dilakukan
oleh teman /idola kita dengan melihat status mereka. nah loh, ketahuan ya pada
memata-matai temannya.hehe
·
Twitter bisa
sebagai tempat bisnis dan promosi. bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan
jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.
·
Meraih ketenaran
dan populer. maksudnya disini kita akan menjadi tenar ditwitter dan diketahui
diseluruh dunia. contohnya shinta dan jojo yang terkenal akibat video keong
racun.
·
menjaga hubungan
teman dengan teman lama sehingga tidak putus kontak.
·
dan masih banyak
lagi.
Dampak negatif :
·
Membuat Kecanduan,
ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan
waktunya buat “mentweets” dan melupakan tugas dikehidupannya. Contoh bisa lupa
mengerjakan tugas di kampus karena keseringan “ngetweets”.
·
Membuat Malas, maksudnya
dapat membuat orang tidak melakukan kegiatannya.
·
Menghabiskan waktu.
*klik gambar untuk kembali ke page utama*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar