Rabu, 21 November 2012

Aplikasi New Media *3




3. YouTube






Sejarah YouTube

Mungkin kalau bisa di katakan web apa lagi yang sangat populer saat ini, Yuotube merupakan salah satu jawaban yang akan keluar. Pada tahun 2007 Youtube mencapai puncak kesuksesannya dalam persaingan bisnis di internet setelah mereka memiliki ribuan bahkan sampai jutaan member baik yang aktiv dan yang tidak aktic di seluruh dunia.

Youtube merupakan tempat file sharing bagi semua membernya di mana kita bisa mencari atau meng upload video rekaman kita untuk dapat di saksikan oleh orang lain. Banyak dari neters datang ke web ini hanya ingin mencari berita, hasil pertandingan sepak bola, nge bokep, atau lainnya. Sekarang ini saya akan mengulas tuntas sejarah dari Youtube.

Youtube prakarsai oleh tiga orang mantan perusahaan paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley merupakan alumnus design di University Indiana Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim alumnus ilmu komputer di University Illinois Urbana-Champaign. Nama domain ‘YouTube.com’ sendiri diaktifkan pada 15 Februari 2005, dan pada bulan-bulan berikutnya website mulai dibangun. Mereka mempublikasikan preview dari website pada Mei 2005, atau 6 bulan sebelum launching secara resmi.

Sebagaimana banyak teknologi baru dijalankan, YouTube bermula dari usaha kecil di sebuah kantor sementara di garasi. Pada November 2005, Sequoia Capital, menginvestasikan US$ 3,5 juta, ditambah Roelof Botha, mantan CFO PayPal, bergabung dengan jajaran direksi YouTube. Pada April 2006 Sequoia menambah investasi US$ 8 juta, dimana YouTube tengah mencapai tingkat kesuksesan dan pertumbuhan yang pesat.

Pada 9 Oktober 2006, Google membeli YouTube seharga US$ 1,65 milyar. Perjanjian pembelian antara Google dan YouTube datang setelah YouTube menuntaskan 3 perjanjian dengan perusahaan media untuk meloloskan diri dari tuntutan pelanggaran hak cipta. YouTube terus beroperasi bebas dengan pendiri dan 67 karyawan perusahaan. Perjanjian untuk memperoleh YouTube difinalisasi pada 13 November 2006, yang merupakan akuisisi Google terbesar.


          Fitur – fitur YouTube





·         Social Youtube
Fitur ini memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di chanel youtube kita. Google + sudah menjadi secara default connect, untuk yang lainnya kita tinggal tekang connect kemudian akan di arahkan ke APP social media tersebut.

·         Annotations
Fitur yang memungkinkan kita memberikan penjelasan dalam video yang kita upload. annotation baru ini memukinkan user memberi label diarea video dan meberikan color palette lebih besar dan extended, dan timeline annotation yang baru dan berbeda .

·         Playlist Feed
Fitur Playlist feed ini memungkinkan kita berbagi video atau  playlist, mengirik komentar dan berbagi link dalam tab Feed.

·         Browse page
The YouTube Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling banyak dilihat baik dari keseluruhan category maupun keseluruhan category.

·         Video Editor
Youtube telah memperbaiki tampilan Video Editor termasuk timeline , playhead bergerak, dan klip lebih mudah pemangkasan. Layanan ini tentunya memberikan kemungkinan kita untuk mengedit video di youtube.

·         Video Manager
YouTube Mengeluarkan fitur Video Manager bulan Desember dan terus diperbaharui siring adanya feedback dari pengguna. Video Manager memungkinkan kita mendapat update visual, selain itu juga hitory Seacrh dan video yang terlah diperbaiki dan update terjadwal.

·         Penghambur Wajar
Baru – baru ini YouTube kembali meng-update webnya dengan fitur baru yaitu penghambur wajar. Sehingga sekarang video – video yang kurang layak untuk umum atau harus dirahasiakan dapat menggunakan fitur ini untuk menjaga privasi.





          Manfaat YouTube

          YouTube adalah salah satu web penyedia sarana hiburan dengan fitur utamanya yaitu video streaming. Anda dapat memanfaatkan web ini hanya untuk menonton video di internet maupun ikut serta meng-upload video anda agar orang lain dapat melihatnya.


          Dampak YouTube

Dampak positif :
·         Dapat mencari video tutorial.
·         Bisa menjadi artis dadakan.
·         Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
·         Dapat mencari video unik dan lucu.
·         Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik.

Dampak negatif :
·         Dapat dipakai untuk mencari video porno.
·         Video-video kekerasan.
·         Video yang dapat memperjelek nama seseorang.















*klik gambar untuk kembali ke page utama*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah tulisan ini membantu anda ?