Selasa, 21 Oktober 2014

Trik dan Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Situasi Tak Diinginkan

Pernahkah anda, dalam suatu situasi yang anda sedang tunggu-tunggu menjadi sebuah situasi yang tidak terduga atau bahkan situasi itu sama sekali tidak memihak kepada anda? Pastilah situasi seperti itu membuat anda menjadi jenuh dan tidak berada pada keadaan hati yang baik. Semua orang lumrah mengalami hal semacam itu dan pasti pun pernah mengalaminya atau bahkan sering terjadi pada kehidupan sehari-hari anda.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah yang anda tidak duga membuat kondisi hati anda mengalami kejenuhan :

1. Membangun kebiasaan membaca
Membaca merupakan kebiasaan yang baik. Masih ingat kan dengan ungkapan buku adalah jendela dunia? Dan diera digital Sekarang, bahkan semakin murah dan mudah, karena Kita dapat memperoleh ragam informasi dari belantara internet. Lalu, bagaimana jika Anda orang yang agak apatis membaca? Ah, sepertinya itu bisa diatasi. Anda hanya perlu mengingat minat Anda, lalu cari informasi tentang bidang apa yang Anda minati. Membaca menjadi satu-satunya cara memperluas wilayah privasi Anda yang tidak dapat diinvasi oleh siapa pun.

2. Menyalurkan dan mengembangkan Hobi Anda
Bila Anda punya hobi lain, itu bagus untuk dikembangkan. Melakukan hobi biasanya menyenangkan diri sendiri, disamping hobi juga berpotensi menjadi bisnis. Misalnya hobi melukis. Koleksi lukisan Anda dapat Anda pajang di sebuah Toko Online. Anda mungkin berpikir “ “Siapa yang akan tertarik?”,,. Anda tidak perlu berpikir begitu, Ada miliyaran orang di dunia seperti saya dan Anda mencari sesuatu di internet. Just do it, ada kemungkinan duit akan datang. Ya!, bisnis diinternet, sekurang-kurangnya adalah menulis blog, maka anda sudah bisa mengurangi kebosanan dan sekaligus mendapatkan $$$. Atau apapun dari hobi Anda yang bisa nda kembangkan, dan yang bisa menyenangkan Anda tentunya.

3. Bergabung di suatu komunitas
Tanyakan pada diri Anda, komunitas semacam apa yang memberi manfaat positif dan membuat anda enjoy. Menjadi bagian dari suatu komunitas dapat menunjang perkembangan profesi atau keahlian Anda. Bergabung dalam satu komunitas tidak hanya bisa dilakukan secara fisik, seperti bergabung di suatu organisasi konvensional. Bergabung dalam sebuah forum di Internet juga bisa menjadi cara yang efektif, karena dapat berbagai informasi dengan tidak harus bertatap muka.

4. Pikul tanggung jawab Anda
Hidup tidak selalu melakukan hal yang tepat, kita pernah melakukan kesalahan. Bila Anda berkecil hati karena merasa gagal “ jangan menyerah, lakukan lebih baik! Jika Anda merasa kecil hati karena kurang dihargai atas upaya Anda, ingatlah bahwa ada hari esok. Anda punya pilihan meneruskan atau mencoba yang lain.

5. Jangan menutup diri
Kebosanan sering dipicu oleh kegiatan rutin yang monoton. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak membosankan, kecuali kita melakukan dengan porsi yang dapat kita tanggung. Bila Anda bosan atau jenuh dengan pekerjaan, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Mungkin Anda perlu sedikit kelonggaran, gunakan waktu bersama keluarga atau teman. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.

6. Pilih hiburan yang cocok

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, setelah lepas dari aktivitas seharian, secara sengaja atau tidak sengaja kita nongkrong di depan televisi. Bila tidak selektif, informasi di televisi dapat membuat pikiran Anda makin ruwet. Ada ungkapan bahwa bad news is good news. Media hampir tidak pernah peduli bagaimana tayangan tersebut bisa mempengaruhi psikologis Anda,.Yang mereka  pedulikan hanya  apakah Anda mendengar, alias jangan kemana-mana setelah yang satu ini!. Nikmatilah hiburan atau media yang cocok dan membuat Anda lebih baik.

1 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus

apakah tulisan ini membantu anda ?